Kamis, 15 Agustus 2013

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan & Kecantikan

Ubi jalar, siapa yang tak kenal dengan sayuran yang enak karena rasanya yang manis ini. Kandungan nutrisi yang terkandung adalah mineral dan Vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, potasium dan kaya akan oksidan. Banyak jenis dari varietas ini, namun biasanya yang kita kenal berwarna oranye, putih, kuning, merah dan warna ungu. Namun kemungkinan Anda belum mengenal si ubi ini secara mendalam. Artikel ini nanti akan mengajak Anda mengetahui lebih jauh lagi.
Tahukah Anda jika menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh North Carolina Sweet Potato Commission yang meneliti 58 jenis sayuran – menyimpulkan bahwa jenis sayuran ini merupakan makanan terbaik jika dibandingkan dengan wortel mentah. Rasa manis namun tidak memiliki kandungan lemak. Jika Anda memiliki bayi yang berusia diatas 6 bulan dapat diberikan asupan ubi jalar. Kandungan serat yang tinggi juga mampu membantu pencernaan bayi.
Berikut beberapa manfaat ubi jalar, mulai dari kesehatan hingga untuk kecantikan :
  1. Mengontrol kadar gula darah -  Ini dikarenakan ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Manfaat ubi jalar ini sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit Diabetes.
  2. Menunda penuaan dini – Kandungan karotenoid dalam jumlah tinggi pada ubi jalar terbukti efektif menunda penuaan. Ini karena zat tersebut berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh, melawan radikal bebas serta menjaga kulit tetap sehat.
  3. Pencegah penyakit kanker – Ubi jalar merupakan sumber karotenoid yang berupa vitamin A dan beta karoten. Zat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker paru dan penyakit kanker mulut.
  4. Mencegah penyakit serangan jantung -Kandungan vitamin B6 bermanfaat mengurangi homosistein kimia. Begitu juga dengan kalium yang berperan dalam kestabilan tekanan darah sehingga baik bagi kesehatan jantung.
  5. Menjaga elastisitas kulit -  Manfaat ubi jalar juga berperan dalam menjaga elastisitas kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut memproduksi kolagen yang memang berperan untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tidak mudah kendur.

Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan berbagai jenis olahan yang variatif. Seperti contoh direbus, digoreng, dibakar, dijadikan bubuk kemudian dibuat cake dan masih banyak lagi. Rasanya manis itu sendiri sangat sedap untuk disantap – baik dalam keadaan hangat ataupun dingin. Selamat menikmati dengan beragam manfaatnya!

Tidak ada komentar: