Rabu, 14 Agustus 2013

Sejak Masa Fir'aun, Selada Air Terbukti Cegah Keriput

Jika kamu ingin kembali seperti beberapa tahun lalu, lupakan lotion mahal dan ramuan. Sebaliknya, raihlah sesuatu yang lebih alami dan murah untuk menghilangkan keriput di wajahmu. Apa itu? Cukup dengan sekantong selada air.


Seperti pepatah lama mengatakan bahwa “keindahan berasal dari dalam” hal ini  telah dibuktikan oleh sebuah studi baru. Dimana 10 dari 11 relawan perempuan mengalami perbaikan yang terlihat pada kulit mereka, setelah hanya empat minggu menambahkan satu kantong selada air sehari untuk diet mereka. Bahkan, mereka berhasil mengurangi kerutan wajahnya yang luar biasa sebanyak 39 persen.



Para wanita, yang berkisar  23 sampai 58 tahun, mulai melakukan uji coba dengan memoto wajah mereka menggunakan sistem analisis berkulit VISIA, yang bisa memberikan pembacaan bawah permukaan kulit individu dan berfokus pada keriput, tekstur (keseimbangan antara daerah berminyak dan kering) pori-pori, bintik UV, bintik-bintik cokelat, daerah kemerahan (setiap kemerahan, yang mendasari peradangan, sensitivitas atau kulit tipis) dan porfirin (tingkat bakteri pada kulit).

Setelah empat minggu mengkonsumsi 80 gram selada air sehari, kemudian para relawan (wanita) melakukan peninjauan kembali kulit mereka  oleh kamera VISIA, dan hasilnya sangat positif. Tak hanya itu, sebagian besar wanita juga melaporkan tingkat energinya meningkat.

Selama percobaan, para relawan tidak membuat perubahan lain terhadap kesehatan mereka yang biasa dilakukan dalam merawat kecantikan. Mereka diizinkan untuk makan selada air dengan cara apapun yang mereka pilih, seperti dalam salad, sandwich, pasta, namun itu tidak diperbolehkan untuk dimasak.


Salah satu kisah sukses dari percobaan ini adalah Ruth McKechnie, 54 tahun, guru teater dariCambridge yang melihat peningkatan 39 persen di keriputnya, 13 persen peningkatan dalam tekstur kulitnya, 5 persen persen pengurangan bintik-bintik coklat dan 18 persen peningkatan tingkat bakterinya.

Selada Air

"Saya benar-benar senang dengan hasil uji coba tersebut dan terkejut melihat betapa kulit saya telah membaik di hampir setiap aspek. Rasanya halus saat disentuh, terlihat lebih gemuk dan terbaik dari semua keriput saya, telah berkurang! Saya juga merasa lebih berenergi dan umumnya menjadi sehat, yang telah membantu saya mengatasi stres. Kini, Selada air menjadi daftar belanja saya dari sekarang dan seterusnya," aku McKechnie dengan ekspresi bahagia.



Sepanjang sejarah, filsuf terkemuka dan dokter telah memuja kesehatan dari peningkatan sifat selada air dari mulai jaman Fir’aun  di Mesir dan Yunani kuno, kepada jemaat di Roma dan Anglo-Saxon. Sekarang, teknik ilmu yang canggih telah mengkonfirmasi kepercayaan cerita rakyat tersebut.



Dr Sarah Schenker, ahli gizi terkemuka yang mengawasi penelitian tersebut mengatakan bahwa Selada air merupakan sumber yang kaya beta karoten yang dibutuhkan untuk melepas radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

"Namun, agar bekerja dengan baik, konsentrasi yang tinggi dari vitamin C juga diperlukan untuk melengkapi proses ini dan selada air memiliki vitamin C yang melimpah. Di selada air mengandung Vitamin E yang juga penting bagi kesehatan kulit. Ini adalah pusat kekuatan nutrisi dan reaksi berantai dimana mereka bekerja sama yang begitu penting untuk menjaga kulit yang bagus,” jelasnya.

Sarah menambahkan: "Penelitian ini menegaskan bahwa diet merupakan aspek penting bagi keindahan tubuh. Mengonsumsi banyak makanan nabati, termasuk selada air tidak hanya dapat membantu untuk memperlambat penuaan kulit, namun sebenarnya dapat membalikkan beberapa efek kerusakan.

Nah, mau tahu apa saja manfaat selada air untuk kesehatan? Ini dia buktinya;

Gram per gram, selada air mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk, empat kali lebih banyak beta-karoten dan vitamin A daripada apel, tomat dan brokoli, vitamin E lebih dari brokoli, kalsium lebih dari susu dan besi lebih dari bayam.


Selada air  mengandung lutein dan zeaxanthin (45 kali lipat dari tomat dan lebih dari tiga kali lipat jumlah dalam brokoli).


Selada air juga merupakan sumber makanan kaya PEITC (isothiocyanate phenylethyl) yang menurut sebuah penelitian dapat melawan kanker. Hebat bukan? :)

Tidak ada komentar: