Sabtu, 03 Agustus 2013

15 Bahan Makanan untuk Anti Aging

Makanan dan minuman adalah sumber kesehatan untuk seluruh tubuh. Nah topik kali ini mengenai anti aging.

Berikut saya lampirkan untuk bahan dan bakanan anti aging, atau biasa di sebut penundaan keriput di usia lanjut :

1. Alpukat
Alpukat mengandung vitamin E, potassium, lemak tak jenuh tunggal, folat, dan antioksidan. Beberapa manfaat makan alpukat antara lain menyehatkan kulit, menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Brokoli
Brokoli kayak an zat yang disebut sulforaphane, yaitu senyawa yang memiliki khasiat antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.
3. Kacang Merah
Banyak sekali manfaat makan kacang merah. Kacang merah mengandung protein nabati, serat, folat, magnesium, dan potassium yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Kacang merah juga mengandung berbagai antioksidan flavonoid yang memiliki khasiat anti-aging.

4. Cokelat Hitam
Coklat hitam mengandung kakao sekitar 70%. Kakao mengandung antioksidan flavanol yang berkhasiat mengurangi inflamasi kulit karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

5. Berry
Semua berry berwarna hitam atau biru seperti blackberry, blueberry, blackcurrant, dan anggur hitam banyak mengandung bahan fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat berkhasiat melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

6. Pomegranate (Delima)
Pomegranate atau delima adalah buah bergizi yang banyak mengandung anthocyanin dan ellagitannin yang merupakan atioksidan kuat yang memberi perlindungan pada sel-sel tubuh. Makan buah delima juga berkhasiat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

7. Ubi Jalar
Salah satu manfaat makan ubi jalar adalah menjaga kesehatan kulit karena ubi jalar banyak mengandung likopen yang melindungi sel kulit terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet dan vitamin C yang membantu produksi kolagen untuk menjaga kesehatan kulit.

8. Bayam
Bayam banyak mengandung bahan yang memiliki khasiat anti-aging yang disebut lutein.

9. Bulir Utuh
Bulir utuh seperti gandum utuh banyak mengandung serat pangan (dietary fiber) yang membantu pencernaan dan metabolisma serta menjaga kesehatan kardiovaskular.

10. Ikan Berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, tuna, herring, dan sarden sangat menyehatkan karena mengandung asam lemak omega-3. Beberapa manfaat omega-3 antara lain menjaga kesehatan pembuluh darah, mengendalikan tekanan darah, mengurangi inflamasi, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

11. Yogurt
Makan yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Yogurt banyak mengandung protein, kalsium, potassium, dan vitamin B. Yogurt mengandung bakteri yang membantu kerja usus menyerap nutrisi dan menjaga imunitas tubuh. Yogurt juga dapat diaplikasikan langsung pada kulit sebagai bahan perawatan kulit.

12. Teh Hijau
Salah satu manfaat minum teh hijau adalah membuat awet muda. Teh hijau kaya akan flavonoid yang memiliki khasiat anti-inflamasi (anti-radang) dan khasiat antioksidan.

13. Cinnamon (Kayu Manis)
Ekstrak kayu manis berkhasiat membantu pembentukan kolagen pada kulit, meremajakan kulit dan mengaktivasi hormon pertumbuhan.

14. Bawang putih
Banyak manfaat makan bawang putih bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mecegah tanda penuaan karena bawang putih memiliki khasiat anti-aging, anti-inflamasi, dan antioksidan.

15. Semangka
Salah satu manfaat makan semangka adalah menyehatkan kulit. Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang berperan melindungi dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Tidak ada komentar: