Sabtu, 03 Agustus 2013

Manfaat Bagus Asparagus Dari Antioksidan Sampai Antikanker

Asparagus tidak hanya berasa lezat, tetapi juga memiliki sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Asparagus mengandung banyak nutrisi anti-inflamasi, seperti saponin dan flavonoid quercetin, rutin, dan laempferol isorhamnetin, yang semuanya membantu untuk memerangi arthritis, asma, dan penyakit gangguan sistem imun (autoimun).
Berikut beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan :

Anti Oksidan
Glutathione, ditemukan dalam asparagus, mengandung tiga asam amino (asam glumatic, glisin dan sistein) yang bergabung menjadi satu molekul yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh kita.Diperlengkap lagi dengan kandungan vitamin C, vitamin A (beta-karoten), seng, mangan, dan selenium, glutathione menjadikannya lebih kuat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Anti Kanker
Peradangan atau inflamasi kronis dan terkoksidasinya sel-sel tubuh dapat menyebabkan berbagai kanker.Dengan zat anti-inflamasi dan antioksidan, asparagus mencegah resiko berbagai macam jenis kanker seperti kanker kandung kemih, payudara, paru-paru,usus besar, prostat, ovarium, dan kanker lainnya.

Menjaga Kesehatan Jantung
Folat, vitamin B kompleks, sangat penting untuk sistem kardiovaskular yang sehat .Keduanya ditemukan pada asparagus (180 gram asparagus segar mengandung 66% dari RDA folat). Folat berguna pada proses biokimia yang disebut siklus metilasi, yang memungkinkan untuk transkripsi secara tepat dari DNA, transformasi norepinefrin ke adrenalin dan transformasi serotonin ke melatonin. Folat juga bermanfaat mengatur homosistein asam amino, yang pada tingkat tinggi dapat menjadi faktor risiko yang kuat dalam penyakit jantung.Sedangkan vitamin B seperti kolin, biotin, dan asam pantotenat mengelola kadar gula darah dengan efektif pada metabolisme gula dan zat tepung.

Mencegah Cacat Lahir
Asparagus sangat baik bagi ibu hamil.Kandungan folatnya penting untuk divisi seluler yang tepat. Mengkonsumsi asparagus pada masa hamil dapat mencegah kekurangan folat pada calon bayi,yang dapat menyebabkan cacat lahir.

Diuretik alami
Asparagin asam amino ditemukan dalam asparagus,merupakan diuretik yang efektif dan digunakan untuk mengobati pembengkakan, radang sendi, rematik, dan susah buang air kecil.

Melancarkan Pencernaan
Kandungan karbohidrat dalam asparagus, mendorong pertumbuhan Bifidobacteria dan Lactobacillus, dua bakteri yang meningkatkan penyerapan nutrisi, menurunkan risiko alergi dan kanker usus besar, dan membantu mencegah bakteri yang tak bersahabat dalam saluran usus kita. Selain itu, satu cangkir asparagus mengandung lebih dari 11% dari RDA serat makanan dan hampir 10% dari RDA protein. Serat sehat dan kandungan protein  pada asparagus menstabilkan pencernaan kita, mengurangi nafsu makan berlebihan, menjaga gula darah tetap rendah dan mencegah sembelit.

Mengandung Vitamin K
Asparagus merupakan sumber vitamin K (menyediakan 114% dari RDA dalam satu cangkir), yang diperlukan untuk sintesis osteocalcin, protein yang memperkuat komposisi tulang kita. Selain itu, vitamin K mencegah proses pengapuran yang menyebabkan aterosklerosis, penyakit jantung dan stroke.

Mengandung Vitamin C
Sebagaimana disebutkan di atas, asparagus mengandung dosis yang sehat dari vitamin antioksidan yang kuat C (lebih dari 30% dari RDA). Manfaat kesehatan lainnya yang berhubungan dengan vitamin C adalah menurunkan tekanan darah, bagus bagi sistem kekebalan tubuh , dan ketahanan terhadap penyakit yang berkaitan dengan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Tidak ada komentar: