Senin, 15 Juli 2013

Inilah Minuman Penambah Stamina Saat Sahur

Kondisi tubuh yang berpuasa tentunya bukan dijadikan alasan untuk tidak berstamina. Karena itulah untuk memenuhi gizi maka ada istilah sahur. Tapi bagaimana menjadikan bersantap sahur itu menjadi lebih nikmat.
Ketika berbuka atau mengawali sahur memang dianjurkan untuk meminum yang hangat. Tapi tidak semua minuman hangat baik untuk kesehatan selama berpuasa, karena itulah beberapa minuman hangat bisa memberi efek menenangkan dan menyehatkan, seperti berikut ini :

1. Jahe
Minuman yang menggunakan bahan jahe tentu sangat mudah dibuat, selain bahannya banyak di Indonesia, jahe juga memberi efek hangat sekaligus sehat. Berbeda dengan cabai yang dapat memberi efek pedas dan panas, jahe akan memberi efek hangat dan lebih nyaman.
Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang membuat jahe berfungsi sebagai termogenik (meningkatkan suhu tubuh). Mengonsumsi wedang jahe hangat akan membuat tubuh menjadi hangat dan bebas masuk angin.

2. Teh Hijau
Penelitian melaporkan mengkonsumsi teh sebaiknya dibatasi ketika sahur karena dapat membuat seseorang lebih buang air kecil dan membuang garam yang dibutuhkan oleh tubuh selama satu hari penuh.
 Jika ingin tetap menikmati teh, maka sebaiknya konsumsilah teh hijau yang mengandung antioksidan lebih tinggi. Jaga agar teh tetap encer dan tidak pekat, semakin encer semakin baik. Hati-hati, jangan sampai memberi banyak gula.

3. Susu Rendah Lemak
Jika kamu punya masalah pencernaan maka sebaiknya pilih segelas susu yang rendah lemak hangat. Susu mengadung zat penghilang rasa dehidrasi, sehingga kamu terhindar dari dehidrasi selama satu hari penuh.

4. Air Hangat
Minuman yang paling baik adalah air putih. Ingat, tubuh tetap membutuhkan minimal 8 gelas air saat puasa. Jumlah tersebut akan lebih jika aktivitas banyak. Jika merasa perut sudah kenyang dan malas membuat minuman yang sudah kami sebutkan di atas, air putih hangat akan membuat lambung nyaman. Usahakan suhu air putih hangat pas, tidak terlalu panas, karena akan membuat lidah dan tenggorokan terasa terbakar. Selamat mencoba!
 
Sumber : DREAMERSRADIO.COM


Tidak ada komentar: