Senin, 15 Juli 2013

Awet Muda dengan Kedelai

Tubuh bugar dan awet muda adalah dambaan wanita di seluruh dunia. Tahukah Anda kalau wanita Jepang terkenal akan penampilannya yang selalu tampak jauh lebih muda dibandingkan usia sesungguhnya? Kira-kira apa ya rahasianya?
  
Menurut Naomi Moriyama, penulis buku Japanese Women Don’t Get Old or Fat, salah satu resep obat awet muda wanita Jepang adalah jenis makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Bukan hanya rajin makan ikan (dan jarang mengonsumsi daging merah), orang Jepang juga gemar menyantap kedelai.
Jessica Wu, MD, pakar dermatologis dari Los Angeles, membenarkan pernyataan Moriyama. Menurutnya, banyak penelitian yang menyebutkan manfaat kedelai bagi kecantikan kulit. Salah satunya, konsumsi kedelai ampuh memerangi jerawat dan mengatasi masalah yang dialami oleh fase menopause seperti kulit kering.

Kedelai  mengandung isoflavon yang merupakan antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan aktif memerangi radikal bebas (yang dipicu oleh paparan sinaultraviolet dan polusi). Jika tidak disingkirkan, radikal bebas dapat menipiskan lapisan kolagen pada kulit sehingga menimbulkan masalah kulit kendur dan keriput.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Newcastle University, Inggris, beberapa waktu yang lalu juga menyebutkan keberadaan sejenis antioksidan lain di dalam kedelai, yaitu daidzein. Menurut penelitian tersebut, daidzein mampu mengaktifkan kerja protein yang dapat melindungi tubuh dari proses penuaan.

Hebatnya lagi, jumlah asupan kedelai yang diperlukan untuk membuat daidzein dapat bekerja dengan baik tidaklah banyak. kita hanya perlu menambahkan tahu ke dalam lauk makan siang dan malam, lalu menyantap edamame sebagai camilan. Sederhana, bukan?

Nah, siapa bilang cuma wanita Jepang yang bisa tampil awet muda? Anda pun bisa melakukannya!

Tidak ada komentar: