Kamis, 22 Agustus 2013

Seberapa Pentingkah Vitamin E untuk Tubuh?

Ada berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh, satu di antaranya adalah vitamin E. Nutrisi penting ini merupakan antioksidan yang larut dalam air. Setiap hari orang dewasa memerlukan sekitar 15mg vitamin E. Banyak sekali manfaat yang didapat bila tubuh Anda memiliki vitamin ini dengan cukup. Manfaat yang pertama ialah mampu meningkatkan penglihatan Anda dengan mengoptimalkan kesehatan kedua mata.

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Vitamin ini juga bisa mengurangi risiko berbagai macam kanker yang banyak disebabkan oleh radikal bebas. Di samping itu, penyandang diabetes pun sangat memerlukannya. Hal ini dikarenakan radikal bebas bisa menimbulkan komplikasi pada penyakit tersebut contohnya seperti kerusakan saraf. Bagi Anda yang sedang dalam proses pemulihan dari penyakit, cukupilah kebutuhan tubuh akan nutrisi ini. Vitamin E pun bisa mempercepat proses penyembuhan tubuh dari sakit.

Penyakit flu walaupun terdengar ringan namun sangat menganggu. Penyakit ini pun bisa dilawan dengan keistimewaan vitamin E. Vitamin yang bertindak sebagai antioksidan ini mampu menjaga kesehatan saluran pernafasan. Terlebih lagi daya tahan tubuh pun ditingkatkan. Inilah yang membuat Anda cepat pulih dari flu. Bagi orang-orang yang sudah menginjak usia manula, vitamin ini sangatlah penting. Usia yang sudah tak muda lagi umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dari usia yang lebih muda. Semakin banyak mengonsumsi makanan dengan vitamin E, maka penyakit pun akan jauh menghindar.

Tidaklah sulit bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin E setiap harinya. Anda dapat menikmati cemilan sehat irisan buah mangga kira-kira sebanyak ½ cangkir yang mengandung 0.7mg vitamin E. Anda pun dapat menikmati satu buah kiwi berukuran medium yang di dalamnya mengandung 1.1mg vitamin E. Pada sayuran, Anda bisa mendapatkannya dari bayam yang sudah direbus, dengan kandungan vitamin E sebanyak 1.9mg atau rebusan brokoli dengan 1.2mg vitamin E. Mengonsumsi makanan mengandung vitamin E juga bisa menghilangkan rasa sakit pada saat atau sebelum menstruasi. University of Maryland menyarankan para wanita untuk memperbanyak konsumsi makanan dengan nutrisi ini 2 atau 3 hari sebelum menstruasi. Hal ini bisa mencegah rasa sakit dan mood yang tidak stabil saat menstruasi tiba.

Tidak ada komentar: