Kamis, 22 Agustus 2013

Hal-Hal yang Bisa Merusak Kehalusan Kulit

1. Berat Badan yang naik turun
Bau badan yang naik turun secara drastis dapat merusak penampilan. Hal ini disebabkan perubahan berat badan dari gemuk ke kurus menyebabkan lenyapnya lapisan lemak yang menyangga tubuh secara tiba-tiba, sehingga kulit jadi kendur. Dengan mengurangi berat badan secara pelan dan bertahap kulit dapat menyesuaikan diri.

2. Suhu dalam pesawat udara
Hati-hati buat yang sering travel dengan pesawat, soalnya tempat yang paling membuat kulit menjadi kering adalah di dalam pesawat terbang. 


3. Stress
Bila mengalami problem, kita menjadi tegang, kening berkerut dan tak dapat tidur. Stress menyebabkan kelenjar tubuh mengeluarkan hormon tertentu yang menghambat kelancaran peredaran darah ke kulit. Bernafas yang dalam dan lama dapat membantu mengembalikan oksigen ke kulit.

4. Jam tubuh tidak teratur
Ritme jam tubuh (berhubungan dengan jadwal kehidupan sehari-hari) yang tidak teraur mempengaruhi kecantikan kulit. Sebab ketidak teraturan mempengaruhi keseimbangan hormon. Semua ini menyebabkan noda-noda pada kulit, pengurangan kelembaban dan minyak yang diperlukan oleh kulit.

5. Kurang gerak-gerik wajah
Sebaiknya menyadari bagaimana wajah ketika mengekspresikan diri. Gerak-gerik yang menjadi kebiasaan misalnya mengerutkan kening ketika berbicara bahkan senyum pun meninggalkan gerak gerik wajah. Lakukan senam muka tiap pagi sehabis bangun tidur agar kulit wajah tidak kaget saat berekspresi. Soalnya ritme wajah yg itu-itu saja menyebabkan kulit kaku saat melakukan ekspresi wajah yg tidak biasa.

6. Keringat
Benar bahwa latihan tubuh membantu membuat sehat dan segar bugar. Tetapi keringat dapat meninggalkan lapisan garam pada kulit yang merampas pelembab vital dari kulit. Kelembaban kulit termasuk kulit kepala akan hilang karena chior(garam) juga minyak alami rambut akan luntur. Biasakan setelah setengah jam habis berolah raga mandi segera, soalnya selain bau kulit juga rusak.

7. Pakaian dalam terbuat dari nilon
Pakaian dalam terbuat dari nilon menahan penguapan hingga kulit jadi lembab dan bakteri atau jamur mudah tumbuh dan berkembang. Akibatnya kulit jadi luka atau tumbuh biang keringat. Makanya pakailah pakaian dalam yang terbuat dari katun. 

8. Tangan
Apakah membubuhkan make-up atau krim pembersih dengan kasar menggunakan tangan? Latihlah tangan agar memperlakukan kulit wajah dengan lembut, karena bisa menimbulkan rusaknya kulit wajah. Lakukan dengan gerakan selalu ke atas, ke sisi luar wajah atau dengan gerakan memutar seperti arah jarum. Menarik kulit atau menggosok dengan keras sangat merugikan kulit. Begitu juga jerawat akan semakin buruk keadaannya bila dipegang dengan tangan.

9. Kantor
Kantor yang ber-AC bisa membuat shock kulit. Ini karena suhu buatan yang berbeda dengan suhu dan kelembaban diluar kantor.

10. Polusi dan Matahari
Polusi meninggalkan zat-zat kimiawi pada kulit yang merampas kelembaban alami kulit. Matahari pun mengakibatkan hal yang sama. Selalu gunakan lotion yang mengandung bahan UV protection dengan SPF yang sesuai dengan kulit.

11. Faktor keturunan
Bila orang tua dan keluarga dekat telah memiliki keriput pada usia yang relatif muda, maka besar kemungkinan keriput dini bisa muncul. Biasanya kulit berkeriput berjenis kulit kering.

Tidak ada komentar: