Kamis, 11 Juli 2013

Mengatasi Rambut Kering Pada Pria

Bagaimana cara mengatasi rambut kering pada pria? Ya, gangguan rambut kering bukan hanya dominasi kaum hawa. Kaum pria pun, karena berbagai hal, bisa juga mengalami masalah rambut kering. Penyebabnya beragam, bisa karena bawaan karakter rambut, keramas dengan air panas, sering berenang, sering menggunakan kendaraan bermotor, atau karena kerap menggunakan styling mouse untuk menata rambut.
Untuk memulihkan rambut Anda, cobalah tips mengatasi rambut kering para pria sebagai berikut:
  1. Sebaiknya kurangi frekuensi keramas, dan usahakan selalu cuci rambut dengan air dingin. Sebenarnya, boleh saja sekali-sekali keramas menggunakan air hangat kuku, namun dengan campuran air dingin yang lebih banyak.
  2. Gunakan shampo dan kondisioner khusus untuk mengatasi rambut kering. Pilihlah shampo dan kondisioner untuk rambut kering dengan tambahan multivitamin, agar rambut Anda lebih sehat.
  3. Setelah keramas, lakukan perawatan cepat, yakni membubuhi rambut dengan conditioner tanpa bilas. Langkah ini tidak makan waktu, dalam 2 menit pun selesai, sehingga pria sibuk pun bisa melakukannya.
  4. Gunakan jenis styling rambut yang cocok. Bagi pria yang gemar menata rambut, sebaiknya pilihlah krim rambut bervitamin. Namun, sebaiknya tidak menggunakan bahan yang mengandung alkohol. Ada baiknya mewaspadai kata ”fixatives” pada label produk, karena ini mengidikasikan bahwa bahan penata rambut itu mengandung alkohol yang berfungsi mempercepat proses pengeringan krim saat diaplikasikan pada. Walaupun demikian, ada juga jenis alkohol yang baik untuk perawatan rambut, dan berfungsi menjaga keseimbangan kelembaban rambut. Jenis alkohol yang baik itu adalah benzyl alcohol, cetyl alcohol, stearyl alcohol, lauryl alcohol, cetearyl alcohol, behenyl alcohol, dan myristyl alcohol. Sedangkan alkohol yang tidak bersahabat dengan kesehatan rambut adalah ethanol, SD alcohol, alcohol denat, SD alcohol 40, propanol, isopropyl alcohol, dan propyl alcohol.
  5. Sebagai bagian dari cara mengatasi rambut kering, keringkanlah rambut secara alami. Tanpa hairdryer, dan tanpa menggosok-gosok secara kasar menggunakan handuk. Cukup ditekan-tekan saja dengan handuk lembut, setelah itu biarkan kering sendiri. Gunakanlah sisir bergerigi jarang untuk merapikan rambut.
Dalam mengatasi rambut kering, perlu diingat juga bahwa tata rambut pendek dan rapi, tanpa bagian rambut menjuntai ke depan, sangat cocok untuk pria berambut kering.

Tidak ada komentar: